MEWUJUDKAN SEKOLAH MUHAMMADIYAH MANDIRI, PROFESIONAL DAN UNGGUL DALAM PRESPEKTIF PENDIDIKAN MULTIKULTURAL
Menjadi
tugas sebagai kepala Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah adalah bagian
amanah dari Majelis Pendidikan Dasar dan
Menengah Muhammadiyah Pimpinan Cabang Muhammadiyah Lebaksiu Kab Tegal.
Pengadian di Muhammadiyah adalah bagian amal untuk mendapatkan Ridho-Nya.
Sungguh berat tugas dan tanggung Jawab menjadi pimpinan di Amal Usaha
Muhammadiyah bidang pendidikan. Untuk menjadi kepala Sekolah itu harus memiliki
kepribadian yang berkarakter. Memiliki etos kerja yang profesional dan semagat
memiliki jiwa kepemimpinan dan loyalitas dalam membuat program serta mempunyai
jiwa kewirausahaan .
Bagaimanakan
cara mewujudkan sekolah Mandiri ? sebuah pertanyaan yang harus saya rumuskan
bersama tim pengembang SMK Muhammadiyah Lebaksiu . Pengembangan kemandirian
sekolah atau sekolah mandiri muhammadiyah tidak akan bisa terimplimentasi jika
tidak ada kebijakan sekolah tentang hal tersebut. Kebijakan merupakan langkah
awal yang merupakan strategi pembuka untuk mewujudkan sekolah yang bermutu.
Dalam
rangka mewujudkan sekolah mandiri di lingkungan amal usaha muhammadiyah maka
proses pendidikan yang bermutu harus berlandaskan pada orientasi akademik.
Orientasi akademik yang dimaksud untuk menciptakan proses pembelajaran yang
inovatif, kreatif, efektif, efisien, dan berdaya saing. Bagian ini dimulai dari
sebuah pesan KH Ahmad Dahlan yang mengatakan, "Hendaklah kamu jangan
sekali-kali menduakan pandangan muhammadiyah dengan perkumpulan lain.
"
Pesan ini menjadi penting dan harus direnungkan oleh seluruh jajaran
persyarikatan dan AUM, Pengembangan sekolah di amal usaha muhammadiyah mengacu
pada empat hal, di antaranya: mengembangkan lingkungan pendidikan yang
berorientasi pada iman, ilmu, dan amal; mengembangkan kurikulum yang menekankan pada
perpaduan antara ilmu umum dan ilmu agama; sistem pendidikan dengan semangat
belajar “siapa menanam mengetam”; dan bersemboyan pada “mandiri dan hidup-hidupilah
muhammadiyah, jangan mencari kehidupan di Muhammadiyah.”.
Mengembangkan
sekolah-sekolah muhammadiyah yang inovatif, kreatif, unggul, mandiri dari
berbagai sisi (manajemen, proses, maupun aktivitasaktivitas lain) yang mendukung
pencapaian tujuan bersama. Menyelenggarakan pendidikan dengan
profesional. Di lain sisi, pengelola pendidikan dasar muhammadiyah dituntut
agar menciptakan kondisi sekolah dasar muhammadiyah menjadi sekolah yang
mandiri.
Sekolah
mandiri memiliki beberapa ciri: unggul dalam manajemen sekolah, pengembangan
kurikulum, improvisasi metode pembelajaran, perbaikan evaluasi, pengadaan
tenaga pendidik dan non kependidikan, penggalian dana, peningkatan sarana dan
prasarana, peningkatan mutu akademis, kedisiplinan civitas akademik,
peningkatan SDM ataupun hal-ihwal lain. Mengingat sekolah mandiri menuntut
kesungguhan dan kerja keras. Motivasi dan kerja yang setengah-setengah dalam
mengejar kemandirian akan percuma dan berbuah kegagalan. Sikap mental yang
tepat untuk memulai sesuatu, berangkat dari perenungan mendalam dan matang,
kebutuhan mendesak, harapan dan optimisme masa depan, kemauan untuk berubah dan
memperbaiki diri, mutlak perlu.
Menciptakan Sekolah yang
Profesional dan Unggulan
SMK
Muhammadiyah Lebaksiu berdiri pada 25 Maret 2008 awal pendirian sekolah ini
memiliki prodi Farmasi . Awal pendirian mengalami sebuah proses yang begitu
butuh kerja keras cerdas dan ikhlas. Rumusan pendirian sekolah Muhammadiyah
yang di inisiatori oleh para penggerak pendidikan Muhammadiyah . Pimpinan
Cabang Muhammadiyah Lebaksiu kab Tegal memiliki peran yang sangat tinggi dan
modal semangat.
Kalau di lihat dari unsur ekonomi para
pengurus PCM Lebaksiu lebih banyak sebagai wiraswasta pengusaha martabak .
Tetapi memiliki jiwa semangat ingin menciptkan sebuah terobosan baru yaitu bisa
mendirikan SMK yang khusus memiki kompetensi keahlian Kesehatan. Sebuah mimpi
itu bisa terwujud akhirnya Kompetensi keahlian Farmasi .
Kepala Sekolah pada angkatan pertama adalah
seorang pendeka Tapak Suci putra terbaik Muhammadiyah Kab Tegal yang sudah
memiliki pengalaman untuk memimpin sekolah beliau bernama Akhmad Rizal, S.Ag.
Karakter
seperti pak Ahmad Rizal ini memiliki tipe kepala sekolah yang kerja keras,
cerdas dan Ikhlas terus seamngat untuk membangun. Dan memiliki ke profesionalan serta menpunya progress
untuk mewujudkna sekolah Muhammadiyah yang profesional dan Unggulan. Di masa
kepempimpinan Akhmad Rizal SMK Muhammadiyah bisa tumbuh besar dan kokoh dengan
bangunnan yang kuat dan fisik bangunan yang kokoh. Pada tahun 2013 SMK Muhammadiyah
lebaksiu menambah jurusan Analis Kesehatan .
Modal pendirian analis kesehatan adalah
semangat awal pertama membuka jurusan Analis kesehatan mendapatkan siswa hanya
7 siswa. Tetapi lulusan dari Analis Kesehatan ini hebat dari 7 siswa berkembang
sampai sekaran mencapai 80 siswa dari kelas 10-12. Lulusan 60 persen kerja, dan
40 persen kuliah. Akhmad Rizal menjabat 2 periode dan mengahiri sebuah prestasi
yang hebat Kompetensi keahlian Analis Kesehatan terakreditasi A dan melahirkan
jurusan baru yaitu Akuntansi dan Administrasi Perkantoran. SMK Muhammadiyah
Lebaksiu bersyukur memiliki sosok kepala Sekolah yang hebat dan pekerja keras.
Diakhir jabatan Pak Akhmad Rizal menjadi guru Olahraga dan Wakil Kepala Sekolah
bidang sarpras.
Prespektif Pendidikan Multikultural
Pendidikan multikultural adalah gerakan
pembaharuan dan inovasi pendidikan dalam rangka menanamkan kesadaran pentingnya
hidup bersama dalam keragaman dan perbedaan, dengan spirit kesetaraan dan
kesederajatan, saling percaya, saling memahami dan menghargai persamaan.
Ditahun masa pengabdian saya 2016 sd 2020 ini saya mencoba bersama tim membuat
terobosan baru untuk mengembang sebuah pendidikan yang multicultural. melakukan
pembaharuan, pendidikan diharapkan mengorientasikan tujuan lebih bersifat
problematis, strategis, aspiratif, menyentuh aspek aplikasi, serta dapat
merespons kebutuhan masyarakat. Kemudian dari kerangka ini, tujuan yang
dirumuskan meliputi aspek ilahiyah (teoretis), fisik dan intelektual, kebebasan
, akhlak, profesionalisme, berkualitas, dinamis, dan kreatif.
Menerapkan sistem
itulah yang saya tegaskan pada para wakil kepala sekolah dan kaprodi Farmasi,
Analis Kesehatan , Akuntansi dan Administrasi perkantoran sebagai tim
pengembang sekolah, Sistem seperti apa ?
sitem yang bisa menggerakan dan
mendapatkan keunggulan di setiap tugas dan tanggung Jawab , Contoh Waka Humas
membuat sistem bagaimana cara memasarkan produk SMK dan membuat terobosan baru
dalam hal promo sekolah kuatkan jaringan dan komunikasi denagn Dudi maupun
stekholder. Waka Kurikulum membuat sistem yang teitegrasi dari teori dan
kewirausahaan pembelajaran kreatif dan inovasi. Waka Sarpras membuat sistem
membangun serta membuat jarinagn untuk mendapatkan CSR dari mantra maupun
Intansi pendidikan. .waka kesiswaan membuat sistem Sholat dhuhur berjamaah
penguat spiritual berkarakter siswa. Target utama adalah lulusan SMK
Muhammadiyah Lebaksiu jurusan Farmasi, Analis Kesehatan, Akuntansi dan
Adminitrasi perkantoran semuanya kerja dan sukses memiliki jiwa Wirausaha.
Menjadi Sudagar yang hebat. Terima kasih,
Oleh : Andi Riswandi, S.HI
Kepala SMK Muhammadiyah Lebaksiu ( FAMUBA MUTU)
MEWUJUDKAN SEKOLAH MUHAMMADIYAH MANDIRI, PROFESIONAL DAN UNGGUL DALAM PRESPEKTIF PENDIDIKAN MULTIKULTURAL
Reviewed by MAJALAH FAMUBA MUTU
on
April 04, 2018
Rating:

Sultan Casino | Shootercasino.com
BalasHapusSultan Casino | Free Slots, 카지노 Blackjack, Live Casino, Roulette. Play all your favourite games deccasino and win! 제왕 카지노 - Shooters casino is the top spot for real money!